Telp. (029) 4451581 | Email: smkn5kendal@yahoo.co.id |

LSP sapto | 2021-11-16

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Negeri 5 Kendal adalah lembaga pendukung BNSP yang bertanggungjawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi. LSP SMK Negeri 5 Kendal didirikan oleh SMK Negeri 5 Kendal melalui SK Dewan Pengarah No. 425.5 / 0925.c  tanggal 8 Oktober 2021. LSP SMKN 5 Kendal bertujuan untuk melakukan sertifikasi sumber daya manusia pada sector laboratory khususnya pada bidang KKNI Level II pada Kompetensi Keahlian Busana Bidang Pelaksana Operator Yunior Custom Mode, KKNI Level II, Kompetensi Keahlian Teknik Mesin, Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Kompetensi Keahlian Bodi Otomotif dan Kompetensi Keahlian Perancangan Perangkat Lunak dan Game. Pendirian LSP SMK Negeri 5 Kendal mendapatkan dukungan dari asosiasi profesi dan para professional bidang busana butik, garment, teknik komputer dan rekayasa, pemesinan dan otomotif. 

.

LSP SMK Negeri 5 Kendal bertugas mengembangkan standar kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan sertifikasi tempat uji kompetensi. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, LSP SMK Negeri 5 Kendal mengacu kepada Pedoman yang dikeluarkan BNSP. Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang harus ditaati untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan prosedur sertifikasi kepada pihak ketiga secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan. LSP SMK Negeri 5 Kendal berkomitmen menyelenggarakan Sertifikasi Kompetensi secara jujur, wajar, independen dan tidak diskriminatif. Untuk menjamin konsistensi dalam proses sertifikasi, LSP SMK Negeri 5 Kendal senantiasa mendokumentasikan, menerapkan, memelihara SMM memenuhi persyaratan Pedoman BNSP 201 yang tertelusur ke ISO 17024. 

VISI LSP SMK NEGERI 5 KENDAL
Menjadi lembaga sertifikasi profesi utama bagi peserta didik untuk sertifikasi kompetensi di SMK Negeri 5 Kendal.

MISI LSP SMK NEGERI 5 KENDAL

  1. Menyelenggarakan sertifikasi kompetensi tenaga kerja sektor Seni dan Ekonomi Kreatif, Teknologi Informatika dan Teknologi Manufagturing & Rekayasa yang profesional
  2. Menjamin mutu dengan dengan menjaga proses sertifikasi sesuai dengan standar yang berlaku dan melakukan inovasi-inovasi.
  3. Menetapkan kompetensi sumber daya manusia melalui prosedur sertifikasi profesi kompetensi di bidang Kompetensi Keahlian Busana, Kompetensi Keahlian Teknik Mesin, Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Kompetensi Keahlian Bodi Otomotif dan Kompetensi Keahlian Perancangan Perangkat Lunak dan Game.
  4. Manajemen LSP P1 SMK Negeri 5 Kendal memberikan pelayanan uji kompetensi yang mengutamakan mutu dan kepuasan pelanggan serta menjamin bahwa pekerjaan pengujian dilaksanakan dengan kejujuran teknik, teliti, cepat, tepat dan akurat serta efisien dalam penggunaan sumber daya. 

SASARAN MUTU SMK NEGERI 5 KENDAL

  1. Tercapainya standarisasi kompetensi sumberdaya manusia bidang Kompetensi Keahlian Busana, Kompetensi Keahlian Teknik Mesin, Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Kompetensi Keahlian Bodi Otomotif dan Kompetensi Keahlian Perancangan Perangkat Lunak dan Game
  2. Melaksanakan uji kompetensi peserta didik SMK Negeri 5 Kendal
  3. Pengelolaan Asesor yang dimiliki terus bertambah dan masih berlaku (Min 5 asesor/kompetensi keahlian/tahun berlaku)
  4. Pengiriman SDM pelatihan kompetensi (Min 3 org/kompetensi keahlian/tahun)
  5. Pengiriman SDM pelatihan uji kompetensi (Min 3 org/kompetensi keahlian/tahun)

Selanjutnya, Sertifikat Kompetensi yang dimiliki lulusan SMK itu bisa diakui dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dalam proses rekrutmen tenaga kerja terampil.lembaga yang sudah mendapat lisensi sebagai LSP tetap dimonitor oleh BNSP untuk memastikan lembaga itu bekerja sesuai dengan ketentuan yang ada. 

Rapat LSP : Jumat, 24 Desember 2021

Pembentukan LSP memerlukan dukungan bersama dari beberapa bidang, SMKN 5 Kendal. Beberapa persiapan sudah dilakukan oleh tim LSP untuk mendaftar ke BNSP dengan panduan yang diberikan oleh pak Wawan dari SMKN 1 Kendal sebagai pendamping LSP. Ada beberapa hal yang musti dipersiapkan oleh masing-masing jurusan diantaranya MUK, SKKNI, persiapan TUK. Diharapkan para assessor kompetensi yang kemarin mengikuti pelatihan dapat membantu khususnya penyiapan dokumen MUK sehingga akan memperkaya literasi dokumen LSP. Pihak LSP SMK 5 telah membuat surat ke cabdin perihal ijin pendirian LSP namun dikembalikan karena disarankan untuk konsultasi dengan pengawas terlebih dahulu. Menanggapi hal itu dilakukan tindak lanjut yaitu konsultasi dengan pengawas dan pihak cabdin yang dilakukan oleh kepala sekolah, selanjutnya dilakukan pengiriman kembali surat ajuan ke cabdin. Surat pengantar cabdin dirasa sangat penting dikarenakan sebagai salah satu syarat dokumen ke BNSP untuk mendirikan LSP. Penjelasan-penjelasan tenang dokumen MUK.

Rapat LSP : Selasa, 25 Januari 2022

Pada rapat kali ini mengundang 22 orang yang terdiri dari Tim Kerja LSP, jajaran waka, kakom jurusan membahas mengenai verifikasi peralatan di jurusan dan penjelasan mengenai penyusunan MUK. Kegiatan ini dibantu oleh pihak dari SMK Negeri 1 Kendal sebagai pendamping dalam kegiatan pembentukan LSP. Kegiatan ini menghasilkan dokumen MUK, namun belom selesai hingga dokumen akhir dikarenakan keterbatasan waktu.

Image
Image

Download





Copyright © 2021 SMK Negeri 5 Kendal All Rights Reserved